Wanita Indonesia jadi Presiden Bola Voli Asia

Wanita Indonesia jadi Presiden Bola Voli Asia

Berita Voli, Voiball.com – Seorang wanita hebat dari Indonesia sukses terpilih sebagai Presiden Asosiasi Bola Voli Asia yang baru untuk masa jabatan 2021-2031.

Wanita hebat itu adalah Rita Subowo. Ia terpilih sebagai Presiden Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) 2021 -2031, dan menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai presiden AVC.

Dikutip dari AVC News, Rita yang sebelumnya merupakan Mantan Ketua Umum KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Pusat, terpilih mewakili Indonesia di AVC dalam 23rd AVC General Assembly Meeting 2020.

Terpilih sebagai Presiden Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) yang baru, Rita menggantikan posisi Saleh bin Nasser dari Arab Saudi. Rita kini mencatatkan diri sebagai presiden keenam AVC dan wanita pertama yang menjabat Presiden AVC.

Sebelum terpilih sebagai Presiden AVC yang baru, sepak terjang Rita Subowo di organisai bola voli internasional memang tak perlu diragukan lagi.

Rita tercatat pernah menjadi Ketua Bola Voli Pantai Asia dan pernah menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Wakil Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA)

Sebelum terpilih sebagai presiden AVC yang baru, Rita tercatat masih aktif menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif Federasi Bola Voli Dunia (FIVB).

Selain memiliki catatan karier international yang mentereng, Rita juga memiliki catatan karier nasional yang memukau. Salah satu sumbangsih besar Rita adalah diadakannya gelaran Proliga.

Ya, Rita adalah sosok yang mencetuskan kejuaraan olahraga voli Nasional Proliga. Hal itu dilakukan Rita saat dirinya menjabat sebagai Ketua Umum PP PBVSI, pada tahun 2002 silam.