Voli Pantai Terdiri dari Berapa Pemain? Ini Jawabannya

Voli Pantai Terdiri dari Berapa Pemain? Ini Jawabannya

Voiball.com – Voli Pantai adalah olahraga bola voli yang terdiri dari 2 pemain disetiap tim, total ada 4 pemain yang memainkan olahraga ini.

Baca Juga: 4 Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Wajib Baca!

Dilansir dari rulesofsport, tujuan utama dari permainan voli pantai adalah untuk memukul bola melewati net yang dan membuatnya mendarat di area lapangan lawan.

Bola Voli Pantai berasal dari Hawaii sekitar tahun 1915, dan mulai muncul di Eropa pada tahun 1930-an. Kompetisi menjadi hal biasa selama beberapa dekade berikut nya, dan popularitas olahraga meningkat pesat selama tahun delapan puluhan.

Amerika Serikat dan Brasil adalah dua negara paling sukses di Kejuaraan Voli Pantai. AS telah mengamankan total 10 medali (6 emas, 2 perak, 2 perunggu) sementara Brasil telah meraih 13 (3 emas, 7 perak, 3 perunggu).

Permainan voli pantai terdiri dari tiga set, dimana jika sebuah tim memenangkan dua set pertama, maka tim tersebut akan memenangkan pertandingan. Setiap set terdiri dari 21 poin dan tim yang mencetak 21 poin lebih awal dari tim lain memenangkan pertandingan.

Tim yang mencetak 21 poin terlebih dahulu harus memiliki keunggulan dua poin dari yang lain. Jadi jika skor levelnya 21-20, maka set tersebut akan terus berlanjut hingga tercapai keunggulan dua poin. Artinya jika skor menunjukkan 24-22 atau 25-27, maka set tersebut akan usai.

Set ketiga atau set penentu akan maksimal 15 poin, tidak seperti 21 pada dua set pertama. Tim dapat bertukar posisi setelah setiap 7 poin. Di set terakhir, mereka bisa mengubahnya dalam 5 poin.

Poin diberikan kepada tim yang mampu menjatuhkan bola ke tanah di sisi lawan. Setiap kali tim gagal mengirimkan bola dengan cara yang sah, mereka melakukan kesalahan dan tim lain mendapat poin.

Jadi voli pantai terdiri dari 2 pemain disetiap tim, cukup menarik untuk dimainkan saat berlibur di Pantai.

Baca Juga: Voli Pantai: Sejarah, Tujuan dan Cara Bermain