Voli Pantai: Sejarah, Tujuan dan Cara Bermain

Voli Pantai: Sejarah, Tujuan dan Cara Bermain

Voiball.com – Voli pantai saat ini menjadi salah satu kegiatan olahraga yang digemari kaum muda milineal terutama saat liburan. Kejuaraannya juga menarik minat banyak penggemar.

Baca Juga: Iran Wajibkan Tim Voli Pantai Putri Berjilbab

Dilansir dari atehletichscholarship, olahraga voli pantai pertama kali dimainkan di Hawaii pada tahun 1915, ketika Outrigger Beach and Canoe Club mendirikan lapangan di Pantai Waikiki.

Namun, kebanyakan orang percaya bahwa olahraga ini pertama kali dimulai di Santa Monica, California, pada 1920-an. Sekitar 25 tahun setelah versi permainan voli indoor ditemukan di Massachusetts, Amerika Serikat.

Olahraga ini awalnya dimainkan hanya sebagai hiburan saat berlibur di pantai, namun karena daya tariknya yang luar biasa serta biayanya yang murah membuatnya segera menyebar ke seluruh dunia.

Pada tahun 1930-an olahraga ini dimainkan di tempat-tempat eropa seperti: Riga, Sofia dan Praha, ibu kota Latvia, Bulgaria, dan kemudian Cekoslowakike

Olahraga ini populer di Amerika Serikat setelah banyak orang berbondong-bondong ke pantai untuk mendapatkan hiburan gratis.

Pada 1950-an, kompetisi voli pantai diadakan pertama kali di California. Karena olahraga ini terus berkembang, tidak lama kemudian sponsor datang untuk memanfaatkan popularitas olahraga ini.

Pada tahun 1970-an tur voli pantai profesional yang lengkap diselenggarakan. Kemudian pada tahun 1986, Federasi Bola Voli Internasional mengakui olahraga ini sebagai bagian dari mereka.

Sejak diakui sebagai bagian dari olahraga bola voli, saat itu pula tur dunia olahraga ini terus menyebar dari Amerika, Asia, Eropa hingga ke kawasan Oceania.

Baca Juga: 5 Atlet Voli Pantai Putra Indonesia yang Mendunia

Pada tahun 1999 acara tur kejuaraan menampilkan dua belas tim terbuka untuk tim pria dan enam untuk wanita dengan total hadiah uang sebesar US $ 3,66 juta. Tur 1999 menarik lebih dari 460.000 penonton.

Awalnya olahraga ini hanya olahraga peragaan di Olimpiade 1992 Barcelona, ​​namun tak lama kemudian Komite Olimpiade Internasional mengumumkan bahwa olahraga ini akan dimasukkan dalam pertandingan di Olimpiade Atlanta 1996.