Thailand Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Voli Pantai U-19, Indonesia Kapan?

Voli Pantai, Voiball.com – Indonesia tertinggal selangkah dari rivalnya Thailand. Negeri Gajah Putih itu, baru-baru ini terpilih sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Voli pantai U-19.

Dilansir dari AVC news, Thailand resmi menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia U19 FIVB Beach Volley 2020, dimana kejuaran ini akan digelar mulai dari 1 hingga 6 September 2020.

Pantai Ban Nong Ya Ma di provinsi Roi Et, akan menjadi tuan rumah turnamen. Tempat ini berada di timur laut Thailand, sekitar 500 km dari ibukota Bangkok.

Ini akan menjadi yang kedua kalinya bagi Thailand menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia U19. Pada tahun 2003 lalu, resor pantai Pattaya di Teluk Thailand, juga menjadi tuan rumah turnamen yang sama.

Saat itu, kejuaran dimenangkan oleh juara Olimpiade Laura Ludwig bersama Jana Kohler. Edisi terakhir turnamen pada tahun 2018 terjadi di Nanjing, Cina di mana dua tim Rusia menduduki podium.

Baca Juga : Pasangan Jepang Raih Medali Emas di Turnamen Voli Pantai 2019

Thailand Kerap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Voli Pantai

Tak seperti Indonesia yang tak mengembangkan olahraga voli Pantai, Thailand telah beberapa kali menjadi tuan rumah Kejuaraan Voli Pantai Dunia.

Pada tahun 2019 lalu, Thailand menyelenggarakan Kejuaraan Dunia FIVB Beach Volley U21 yang berhasil dengan sukses, dimana tim Brasil memenangkan emas di Udonthani.

Victoria Lopes Pereira Tosta dan Vitoria De Souza Rodrigues mengklaim gelar juara untuk grup voli putri.

Sementara saudara laki-lakinya, Renato Andrew Lima de Carvalho dan Rafael Andrew Lima de Carvalho pulang dengan emas di grup voli pantai putra.

Turnamen ini telah lama menjadi kejuara voli pantai yang bertabur bintang. Baru-baru ini Eduarda ‘Duda’ Santos Lisboa, yang menang pada 2013, 2014 dan 2016 juga ikut serta.

Thailand juga akan menyelenggarakan turnamen World Tour voli pantai untuk pasangan beregu campuran, yang akan digelar pada 8 hingga 11 April 2020 di Satun.

Baca Juga : Pertarungan Abadi Tim Voli Indonesia dan Thailand