Teknik Dasar Bola Voli: Teknik Passing Bawah

Teknik Dasar Bola Voli: Teknik Passing Bawah

Voiball.com Salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli adalah teknik Passing bawah. Teknik ini wajib dipelajari oleh semua pemain voli.

Baca Juga: Peringkat Pemain Voli Putra Indonesia di Dunia 2020

Kunci pertama untuk passing bawah yang baik adalah posisi tubuh yang tepat. Banyak orang mengira bahwa kunci passing yang baik terletak di tangan, padahal sebenarnya kunci utama dari passing yang baik terletak di kaki.

Posisi kaki yang tepat akan membantu kamu melakukan pergerakan dengan mudah, sehingga kamu bisa melakukan passing dari berbagai area.

Saat menerima servis atau siap mengoper, lututmu harus ditekuk, kamu harus berjinjit, dan siap untuk bergerak ke bola. Posisi passing yang tepat akan terlihat seperti ini:

teknik passing bawah

Baca Juga: Peringkat Voli Indonesia di Asia Tahun 2020

Posisi Tangan

Bagian selanjutnya dari teknik passing bawah adalah posisi tangan. Ada beberapa bentuk posisi tangan yang biasanya digunakan para pemain voli profesional.

Salah satu tekniknya adalah teknik cangkir. Di teknik ini kamu harus membentuk satu tanganmu mirip seperti cangkir, letakkan tangan lainnya di atasnya, lalu lipat ibu jari di atas kedua tangan.

Teknik lainnya adalah teknik kepalan tangan. Untuk teknik kepalan tangan, kamu harus membuat kepalan dengan satu tangan (biasanya tangan kiri jika kamu tidak kidal), sedangkan tangan lainnya melingkari bagian kepalan, dengan ibu jari di atas. Ibu jari harus berdampingan di atas.

Cara lainnya adalah dengan tidak mengunci jari / tangan sama sekali. Beberapa pemain hanya akan menyatukan pergelangan tangan mereka sehingga mereka bisa mengoper.

Beberapa pemain profesional cenderung menggunakan teknik ini karena mereka tidak perlu berpikir tentang menyatukan tangan saat mengoper. Bagian yang penting adalah membuat tangan sejajar / rata, sehingga kedua lengan sejajar.

Baca Juga: Daftar Peringkat Pemain Voli Dunia Putra Terbaru

Pergelangan tangan

Hal penting yang harus diingat adalah tariklah tangan dan pergelangan tanganmu ke bawah ke lantai. Dengan melakukan itu, kamu akan memperlihatkan bagian lengan bawah yang lebih rata. Jadi, ingatlah untuk tetap menurunkan pergelangan tanganmu

Lengan Tangan

Lengan adalah kemudi, dengan lengan kamu akan mengarahkan bola ke target. Dalam teknik passing yang tepat, kamu harus mengencangkan pinggul dan lenganmu menghadap ke target.

Kamu harus menggunakan lengan bawahmu untuk memukul bola. Bola tidak boleh mengenai tangan / pergelangan tangan bagian atas. Ada terlalu banyak tonjolan di tangan dan pergelangan tangan bagian atas sehingga bola tidak dapat dikontrol secara konsisten.

Baca Juga: Peringkat Timnas Voli Putri Asia 2020, Indonesia Peringkat Berapa?

Secara Garis Besar Berikut Ini Teknik Dasar Passing Bawah yang Sukses
  1. Gerakkan kakimu ke tempat di mana bola akan berada.
  2. Tarik tangan / pergelangan tangan ke bawah untuk permukaan lengan yang lebih rata.
  3. Angkat pinggul dan lengan ke arah target.
  4. Gunakan lengan bawah untuk mengarahkan bola ke target.
  5. Jangan mengayun ! Biarkan kecepatan bola yang bekerja