Teknik Dasar Bola Voli: Teknik Blocking Bola Voli

Teknik Dasar Bola Voli: Teknik Blocking Bola Voli

Voiball.com Teknik dasar bermain voli yang harus di kuasai selanjutnya adalah Teknik Blocking. Teknik ini wajib dikuasai terutama bagi kalian yang ingin menjadi middle-blocker.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Voli: Teknik Passing Bawah

Setelah sebelumnya membahas Teknik Dasar Bola Voli: Teknik Passing Bawah, kali ini kita akan membahas teknik dasar selanjutnya yakni Teknik Blocking Bola Voli.

Hal pertama yang harus kamu pelajari saat belajar mengasah teknik pemblokiran adalah posisi diri. Kamu harus memastikan bahwa dirimu berada di posisi yang tepat untuk memblokir bola.

Ada kalimat sederhana yang akan membantumu mengingat apa yang harus kamu lihat saat melakukan pemblokiran. Ini untuk memastikan kamu berada di posisi dan tempat yang tepat.

Baca Juga: Bola Voli Berasal dari Negara Ini, Simak Sejarahnya!

Kalimatnya adalah: BOLA, SETTER, BOLA, HITTER.

BOLA: Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat hendak melakukan pemblokiran adalah arah bola. Kamu harus melihat ke mana arah operannya.

SETTER: Perhatikan kemana arah setter dan posisi tubuhnya. Ini akan membantu kamu. embaca di mana setter akan melakukan set sehingga kamu bisa sampai di sana sebelum bola berhenti. Semakin baik kamu membaca setter, semakin baik teknik pemblokiranmu.

BOLA: Berikutnya adalah melihat dimana set berada. Jika set ketat di net, pemblokiran akan lebih mudah. Ini juga akan membantu kamu memahami apakah itu akan menjadi set cepat atau set standar. Perhatikan BOLAnya!

HITTER: Terakhir, lihatlah beberapa hal yang dilakukan oleh Hitter. Apakah mereka mendekat dengan cepat, atau mereka menunggu? Ini akan memberi tahu kamu jenis serangan apa yang mereka rencanakan. Setelah kamu menentukan jenis serangan apa yang mereka lakukan, kamu harus memperhatikan arah bahu Hitter .

Kebanyakan Hitter akan memukul searah dengan bahu mereka. Waspadai hal ini dan kamu bisa melakukan pemblokiran ke arah pundak mereka.

Posisi Tangan Saat Blocking Bola Voli

Selain posisi diri, posisi tangan juga sangat penting saat melakukan pemblokiran. Posisi tangan yang benar adalah kedua tangan dan lengan rapat dengan jari merentang.

Rentangkan jarimu selebar mungkin seakan kamu ingin mengambil area sebanyak mungkin dengan jari-jarimu.

Dekatkan kedua tanganmu sehingga bola tidak dapat berada di antara keduanya. Jika sebuah bola bisa berada di antara keduanya, maka hitter dapat memanfaatkan celah tersebut untuk meloloskan bola.

Secara garis besar berikut ini Teknik Dasar Blocking Bola voli
  1. Identifikasi posisi Hitter dan Setter di tim lain
  2. BOLA, SETTER, BOLA, HITTER
  3. Penetrasi melalui net
  4. Rentangkan jari-jari
  5. Jaga agar kedua tangan tetap berdekatan sehingga bola tidak menabrak wajah