Sejarah Bola Voli Indonesia: Dari Penjajahan Hingga Sekarang

Sejarah Bola Voli Indonesia: Dari Penjajahan Hingga Sekarang

Bola Voli, Voiball.com – Sejarah bola voli Indonesia dimulai pada tahun 1928 saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Penjajah Belanda memperkenalkan voli ke Indonesia.

Baca Juga: Setter Voli: Tugas dan Peran Dalam Bola Voli

Dilansir dari FIVB, sejarah olahraga bola voli mulai masuk ke Indonesia terjadi di era tahun 1928. Saat itu, olahraga bola voli hanya dimainkan oleh bangsawan Belanda.

Tak hanya para bangsawan Belanda, tentara Belanda yang ada di Indonesia juga kerap memainkan olahraga ini sebagai bagian dari latihan fisik.

Para tentara ini kerap membuat pertandingan bola voli di lapangan terbuka di luar barak sehingga masyarakat umum dapat melihatnya secara langsung. Dari sinilah masyarakat Indonesia mulai mengenal olahraga voli.

Ketiga Indonesia memasuki masa kemerdekaan, banyak masyarakat umum yang mulai memainkan olahraga ini sebagai hiburan. Karena tak butuh banyak modal untuk memainkannya, olahraga ini dengan cepat menyebar keseluruh Indonesia.

Memasuki era tahun 1950-an, popularitas bola voli sekali meningkat. Di kota-kota besar bahkan banyak berdiri perkumpulan olahraga voli, dimana mereka kerap mengadakan pertandingan persahabatan.

Agar tidak terjadi persaingan yang kurang sehat diantara perkumpulan-perkumpulan ini, pada tahun 1955, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mendirikan Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI).

Tepatnya pada tanggal 22 Januari 1955 berdirilah sebuah organisasi yang menyatukan dan mengatur berbagai kegiatan dan kejuaraan Bola Voli profesional di seluruh Indonesia yang diberi nama PBVSI.

Ditahun itu juga digelar kejuaraan voli nasional. Pada tahun 1962, Indonesia mengirim timnas voli putri pertamanya ke Asian Games yang digelar di Jakarta.

Untuk tim voli putra, Indonesia sedikit terlambat. Baru pada tahun 1975 Indonesia bisa mengirimkan atletnya di Kejuaraan Asian Men’s Volleyball Championship yang digelar di Melbourne, Australia.

Sejarah bola voli Indonesia sempat mengalami kemunduran dalam beberapa dekade, olahraga bola voli profesional Indonesia kembali bangkit pada tahun 2002 dengan diadakannya kejuaraan bola voli profesional Proliga.

Baca Juga: Voli Pantai: Sejarah, Tujuan dan Cara Bermain