Pertarungan Abadi Tim Voli Indonesia dan Thailand

Bola voli – Olahraga voli di Asia Tenggara saat ini, dikuasai oleh dua tim besar, yakni tim Voli Indonesia dan Thailand.

Negeri Gajah Putih Thailand, adalah satu-satunya negara yang menjadi rival utama Indonesia di olahraga bola voli Asean. Keduanya memiliki kekuatan yang bisa dibilang 11-12.

Tim voli Indonesia dan Thailand, selalu bersaing, baik dikancah regional ASEAN ataupun Asia. Keduanya bahkan menjadi satu-satunya tim dari Asia Tenggara yang sukses lolos ke turnamen bola voli Asia 2019 di Iran.

Meksi gagal merah kemenangan atau menembus sepuluh besar, kedua tim setidaknya lolos ke babak penyisihan grup. Indonesia berakhir di posisi ke-12, sedangkan Thailand di posisi ke-11.

Kegagalan di Iran, membuat Thailand dan Indonesia kehilangan peluang untuk meloloskan diri ke sesi Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 via tim AVC Putra. Keduanya harus melakukan kualifikasi biasa.

Baca Juga: Ini Dia Daftar 14 Pemain yang Mewakili Indonesia di SEA Games 2019

Sejarah Pertarungan Tim Voli Indonesia dan Thailand

Indonesia dan Thailand memiliki sejarah pertarungan yang panjang dalam olahraga voli.

Menjadi salah satu dari tiga tim yang memenangkan medali emas dalam sejarah SEA Games, Indonesia dan Thailand, akan tetap menjadi rival kuat untuk memenangkan kemenangan di SEA Games ke-30.

Sejak dimulainya kompetisi bola voli putra pada tahun 1977 di Burma (sekarang Myanmar), Thailand telah bertemu Indonesia 10 kali dalam pertarungan SEA Games.

Ketika Burma (Myanmar) merebut medali emas SEA Games pada 1977, 1979 dan 1983, Thailand mengalahkan Indonesia lima kali dan kalah dari lawan yang sama di lima final SEA Games.

Pada edisi sebelumnya di Kuala Lumpur dua tahun lalu, Thailand bertempur dengan Indonesia untuk gelar mahkota SEA Games 2017.

Lalu apakah tahun ini pertempuran keduanya juga akan kembali terjadi? Sangat menarik untuk dilihat. Apakah tim Voli Indonesia ataukah tim Voli Thailand yang akan meraih kemenangan tahun ini.

Baca Juga: Indonesia Targetkan 3 Medali Emas di Voli SEA Games