Minum Hand Sanitizer, Tiga Orang Tewas Satu Buta

Minum Hand Sanitizer, Tiga Orang Tewas Satu Buta

Hiburan

Voiball.com – Bukannya menggunakan hand sanitizer sebagai cairan pembersih tangan, sekelompok orang di Amerika Serikat justru menggunakannya untuk mabuk-mabukan.

Baca Juga: Jihan Audy Ternyata Penggemar Berat K-pop

Dilansir dari CNN, Selasa (30/6), sekelompok orang di New Mexsico, Amerika Serikat, menggunakan hand sanitizer untuk mabuk-mabukan hinggga menewaskan tiga orang.

Menurut pernyataan dari Departemen Kesehatan New Mexico, ada tujuh warga mereka yang menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung metanol untuk mabuk-mabukan.

Dari tujuh orang ini, tiga orang diantaranya tewas, satu orang mengalami kebutaan, sedangkan tiga lainnya masih dalam kondisi kritis .

Baca Juga: Facebook Akan Luncurkan Dark Mode

Perlu diketahui bahwa, kandungan metanol (alkohol) dalam hand sanitizer selain dapat membunuh virus dan bakteri, jika digunakan dengan cara yang tidak tepat, dapat mengakibatkan keracunan.

Dalam laporan yang dikeluarkan oleh Balai Makanan dan Obat-obatan AS, kandungan alkohol dalam hand sanitizer bisa mengakibatkan keracunan ketika diserap melalui kulit atau masuk kedalam sistem pencernaan.

Paparan metanol dalam jumlah besar dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kebutaan permanen, kejang, koma, kerusakan permanen pada sistem saraf, atau kematian.

Jika Anda menggunakan atau mengonsumsi hand sanitizer yang mengandung metanol dan mengalami hal-hal diatas, silakan segera mencari perawatan medis.