Mengenal Apa Itu HIIT, Olahraganya Para Atlet Dunia

Voiball.com Salah satu jenis olahraga baru yang saat ini banyak digemari kaum urban adalah olahraga High Intensity Interval Training (HIIT). Apa itu HIIT? HIIT adalah olahraga fisik yang memadukan olahraga interval intensitas tinggi dan rendah dalam satu waktu.

Sebagai contoh gerakan olahraga HIIT adalah, kamu melakukan latihan fisik berupa berlari secepat mungkin selama 1 menit, kemudian merubah gerakan menjadi berjalan selama 2 menit. Jika mengulangi gerakan berlari dan berjalan dengan interval 3 menit itu sebanyak lima kali atau selama 15 menit, maka gerakan itulah yang disebut olahraga HIIT.

Kedengarannya memang sangat sederhana, tapi pada kenyataannya gerakan-gerakan seperti ini sangat baik untuk pembakaran lemak.

 

Sejarah Olahraga HIIT

Menurut sejaranya, olahraga HIIT dimulai pada tahun 1912 dimana para pelari terbaik di Olimpiade, menggunakan latihan HIIT ini sebagai rutinitas pelatihan mereka.

Dua orang yang berjasa dalam pengembangan olahraga HIIT adalah Saltin dan Astrand. Keduanya adalah mentor HIIT yang menulis publikasi pertama mereka tentang HIIT pada tahun 1959. Dalam publikasinya, Saltin dan Astrand menjelaskan semua teknik HIIT dan interval latihan HIIT. Sejak saat itu semua olahraga HIIT meminjam dari penelitian asli mereka.

 

Apa Itu Manfaat Olahraga HIIT

Melakukan olahraga HIIT secara teratur setidaknya tiga kali seminggu, akan mampu menjaga metabolisme tubuh kamu tetap terjaga. Triknya adalah terus-menerus menantang tubuhmu dengan meningkatkan intensitas latihan secara keseluruhan.

Lakukan lebih banyak repetisi atau pengulangan dalam jumlah waktu yang sama serta tingkatkan jumlah interval atau “usaha”. Jangan terjebak melakukan rutinitas lama yang sama, adaptasi adalah musuh utama HIIT, jadi kamu wajib berimprovisasi saat melakukan kegiatan olahraga ini.

Selain untuk melancarkan metabolisme, olahraga HIIT juga akan membakar kalori ekstra dan meningkatkan kinerja kardiovaskular jantung. Jika kamu rutin melakukan HIIT maka, tubuh akan membangun banyak asam laktat, saat itulah Anda merasakan otot Anda terbakar.

Dengan olahraga HIIT kamu tidak hanya akan membakar lebih banyak lemak selama sesi latihan, tetapi juga memungkinkan tubuh kamu tetap membakar kalori lama bahkan setelah latihan selesai, terkadang hingga 36 jam setelah latihan.

Bagi beberapa orang, tenaga berjalan di tanjakan kecil sudah cukup untuk membuat mereka terengah-engah. Jadi pastikan kamu mendengarkan tubuhmu. Kehabisan napas biasanya merupakan pertanda baik bahwa kamu telah mencapai intensitas yang benar.

You cannot copy content of this page