Keuntungan Menjadi Pemain Voli Berbadan Pendek

Keuntungan Menjadi Pemain Voli Berbadan Pendek

Berita Olahraga Terbaru, Berita Voli, Voli Asia, Voli Eropa Amerika, Voli Nasional, Voli Pantai

Voiball.com – Menjadi seorang pemain voli sukses, tinggi badan bukanlah faktor penentu. Justru ada banyak keuntungan menjadi seorang pemain voli berbadan pendek.

Baca Juga: Yogi Hermawan, Si Pendek yang Ditakuti Pemain Voli Eropa

Salah satu contoh pemain voli berpostur pendek tapi sukses adalah Jorella Marie de Jesus. Meski hanya memiliki tinggi 152 cm, Jorella adalah salah satu pemain voli sukses di dunia.

Saat ini pemain voli dengan tubuh tinggi paling banyak dicari, namun pemain voli yang memiliki postur tubuh pendek sebenarnya memiliki banyak keunggulan dibandingkan pemain yang lebih tinggi.

Baca Juga: Megumi dan Ishii, Pemain Voli Pendek tapi Mematikan

Berikut keuntungan menjadi pemain voli berbadan pendek:

Lebih Lincah

Pemain yang lebih pendek cenderung memiliki waktu reaksi yang lebih cepat. Karena tubuh mereka lebih ringan sehingga mempercepat gerakan tubuh.

Seorang yang memiliki tubuh pendek, otot-nya cenderung lebih kuat dan sebanding dengan berat badan. Akibatnya kemampuan untuk memutar tubuh lebih cepat daripada pemain bedanya tinggi.

Minim Resiko Patah Tulang

Pemain dengan postur tubuh pendek, cenderung tidak mudah patah tulang saat jatuh. Sangat jauh jika di bandingkan pemain dengan dengan postur tubuh tinggi menjulang.

Jago Mengontrol Bola

Pemain berbadan tinggi memiliki kelebihan dalam hal menyerang dan memblokir, tetapi keterampilan mengontrol bola biasanya sedikit kedodoran.
Sedangkan pemain bertubuh pendek, kebanyakan jago mengontrol bola karena mereka lebih lincah. Itulah mengapa banyak Libero bertubuh dan pendek.

Unggul dalam Kecepatan

Kecepatan adalah sesuatu yang dapat dilakukan dengan mudah oleh pemain yang lebih kecil untuk membantu mengimbangi kerugian yang mungkin timbul karena menjadi atlet yang lebih pendek.

Banyak pemain bola voli yang lebih tinggi kesulitan untuk meningkatkan kecepatan, kekuatan, dan kemampuan atletik. Mereka biasanya hanya mengandalkan tinggi badan mereka saja.

Baca Juga: Pemain Voli Terpendek Putra di Dunia Hanya 165cm