Kemenpora Kaji Izin Berlatih Voli Selama Corona

Berita Voli, Voiball.com – Menyambut era New Normal di masa pandemi COVID-19 ini, Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, telah menyusun protokol kesehatan untuk sejumlah cabang olahraga.

Baca Juga: Asosiasi Bola Voli Dunia Hentikan Semua Pertadingan karena Virus Corona

Dilansir dari Nusantara TV, Menpora akan mengizinkan sejumlah cabang olahraga melakukan latihan rutin selama masa New Normal ini.

Pelatihan ini dilakukan untuk mengakomodir para atlet demi percepatan Pelatnas untuk menghadapi pesta olahraga yang diprediksi akan padat pada tahun 2021 mendatang .

Cabang olahraga yang rencananya akan di izinkan untuk melakukan latihan, adalah cabang olahraga yang tak banyak menimbulkan kontak fisik antar pemain seperti bulu tangkis dan voli pantai.

Baca Juga: Asosiasi Bola Voli Filipina Hentikan Semua Kompetisi karena Virus Corona

Menurut Wakil Ketua I KONI Pusat Suwarno, pihaknya telah mengusulkan kepada Kemenpora agar menentukan pantas tidaknya sebuah cabang olahraga menggelar latihan, bukan didasarkan pada jenis olahraga, apakah Indoor ataukah outdoor.

Ia meminta, latihan rutin selama New Normal di dasar pada kategori olahraga, apakah nomor perorangan atau beregu. Dari sini olahraga perorangan bisa dilaksanakan dalam tahap awal karena tingkat persetuhan hampir tidak ada dan jaraknya bisa diatur.

Suwarno menjelaskan, kategori olahraga perorangan lebih mudah diterapkan social distancing. Contohnya, olahraga panahan, atletik, menembak dan lain-lainnya dimana antara satu atlet dengan atlet lainnya bisa diatur jaraknya.

Selain olahraga perorangan, kata Suwarno, program latihan olahraga beregu juga bisa dijalankan dengan menerapkan sosial cistancing. Yakni, bola voli dan sepak takraw.

Sedangkan untuk olahraga beregu yang menimbulkan banyak kontak fisik seperti basket dan sepakbola, program latihannya baru akan dijalankan setelah pandemi berakhir atau tahap terakhir.

You cannot copy content of this page