teknik dasar bola voli

Ingin Jadi Pemain Voli, Pahami 5 Teknik Dasar Bola Voli

Voiball.com Teknik dasar bola voli terdiri dari dari lima bagian yakni, teknik service, teknik passing bawah, teknik passing atas, teknik memukul atau smash dan teknik menghadang atau blocking.

Kelima teknik dasar tersebut, wajib dimiliki oleh seorang pemain voli saat bermain di lapangan. Sebagian besar seorang pemain voli akan mendalami salah satu teknik untuk mengamankan salah satu posisi di tim.

Seperti seorang middle blocker, ia harus mendalami teknik dasar voli dibagian blocking dan smash. Sedangkan seorang opposite, dituntut untuk mahir melakukan service dan passing.

Jika kamu adalah seorang pemula dan sedang mencari tahu mengenai apa saja teknik dasar bola voli, berikut penjelasannya:

Teknik Dasar Bola Voli

 

 1. Teknik Servis

Sebelum membahas apa itu teknik service, pertama-tama kalian harus memahami dengan benar apa itu ‘service’ pada olahraga voli. Secara etimologi ‘service’ memiliki arti menyajikan, dan secara umum arti ‘service’ pada olahraga voli adalah menyajian bola kearah tim lawan untuk mulai menghidupkan permainan.

Agar bisa melakukan penyajian atau service dengan benar, seorang pemain bola voli harus memahami teknik serving. Dimana server dituntut untuk memukul bola dengan kuat ke arah lawan sehingga menghasilkan poin.

2. Teknik Bassing Bawah

Passing bawah adalah gerakan memukul bola voli dari arah bawah, menggunakan lengan tangan dengan pergelangan tangan terkepal.

Ini merupakan teknik dasar bola voli yang wajib dimiliki oleh semua pemain voli terutama jika kalian mengincar posisi sebagai seorang Middle Blocker.

3. Teknik Passing Atas

Berbeda dengan passing bawah, passing atas adalah teknik memukul bola menggunakan telapak tangan. Teknik passing atas juga merupakan salah satu teknik dasar bola voli. Teknik ini wajib dimiliki oleh pemain voli yang bermain di posisi manapun di lapangan.

4. Teknik Smash

Smash adalah salah bentuk teknik menyerang dalam olahraga bola voli. Sama sepeti smash dalam olaharaga bulutangkis, smash dalam olahraga voli juga bertujuan untuk memasukkan bola ke wilayah lawan untuk mendapatkan poin.

Menguasai teknik smash dengan baik, wajib dimiliki oleh seorang spiker. Spiker bertugas melakukan penyerangan dalam sebuah tim.

5. Teknik Blocking

Berlawan dengan smash yang merupakan teknik meyerang untuk mendapatkan poin, blocking memiliki tujuan untuk mempertahankan bola tetap diatas tanah. Teknik blocking merupakan teknik bermain volin yang wajib dimiliki oleh seorang  pemain bertahan atau blocker.