Dhita Juliana Pemain Voli Pantai Berjilbab Asal Indonesia

Dhita Juliana Pemain Voli Pantai Berjilbab Asal Indonesia

Voli Pantai, Voiball.com – Pemain voli pantai asal Indonesia Dhita Juliana, menjadi sorotan dunia karena prestasinya di olahraga bola voli. Tak hanya berprestasi, penampilan Dhita yang berjilbab juga kerap jadi sorotan.

 

Dilansir dari situs voli pantai dunia BVBinfo, pemain voli pantai Dhita Juliana lahir di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 7 Juli 1993. Sejak kecil Dhita telah mengenal dan menyukai olahraga voli, bagi Dhita bermain voli adalah sebuah hobi.

Sempat menekuni permainan bola voli Indoor saat masih sekolah, Dhita mulai mengenal olahraga voli pantai setelah lulus SMA. Ternyata ia jatuh cinta pada olahraga tersebut.

Dhita kemudian mulai serius menekuni olahraga voli pantai di bawah asuhan pelatih voli pantai Agus Salim. Agus adalah sosok yang membantu Dhita meningkatkan keahliannya dan menjadi pemain voli pantai putri terbaik di Indonesia.

“Saya mulai bermain voli pantai pada usia 17 tahun setelah lulus SMA. Sebelumnya saya bermain voli indoor dan kemudian mulai bermain voli pantai saat masuk PPLP, yaitu pusat pendidikan keguruan yang didirikan oleh pemerintah untuk melatih atlet yunior,” kata Dhita.

“Orang yang paling mempengaruhi saya dalam karir voli pantai saya adalah pelatih saya Agus Salim. Dialah yang memotivasi saya untuk bertahan dan fokus pada voli pantai,” terangnya seperti dilansir dari AVC News.

Upaya Indonesia dalam program pembibitan atlet voli pantai patut diacungi jempol, karena program tersebut berhasil melahirkan talenta yang berprestasi di tingkat dunia.

Juliana, khususnya, telah bermain selama lebih dari satu dekade dan telah memanfaatkan partisipasinya di berbagai kompetisi internasional dengan membawa pulang banyak medali untuk Indonesia.

Prestasi Dhita Juliana di Olahraga Voli Pantai

Dhita Juliana menyumbang banyak medali untuk Indonesia, diantaranya medali perak di ASEAN Games 2011, medali emas di Pesta Olahraga Solidaritas Islam dan medali perak di AVC Tour di Bangka Belitung.

Pada 2014, Dhita berhasil finis diposisi kedua di ASEAN University Games dan posisi ketiga di Asian Beach Games di Phuket, Thailand.

Ia juga berhasil meraih medali perak di AVC Tour di Songkhla pada 2015 dan di Osaka pada 2017, kemudian mengantongi emas pada tahun yang sama di Kejuaraan Asia di Singapura.

Tahun 2018, ia meraih perunggu pada Kejuaraan Asia di Thailand dan mendapatkan perunggu pada Asian Games yang diadakan di Indonesia.

Kemudian pada tahun 2019 ia memenangkan tiga medali – perunggu di World Tour Daegu bintang-1, perak di AVC Tour di Penghu dan medali perak lainnya di ASEAN Games Filipina.