Dalam Voli Libero Bertugas Sebagai? Ini Jawabannya

Dalam Voli Libero Bertugas Sebagai? Ini Jawabannya

Berita Olahraga Terbaru, Berita Voli, Voli Asia, Voli Eropa Amerika, Voli Nasional

Bola Voli, Voiball.com – Libero dalam bola voli adalah salah satu posisi penting. Libero bertugas sebagai lini pertahanan tim dari serangan tim lawan. Posisi ini ditambahkan ke permainan bola voli indoor pada tahun 1999 agar permainan voli lebih menarik.

Libero dalam bola voli adalah satu-satunya pemain yang tidak dibatasi oleh aturan rotasi biasa. Karena Libero bertugas sebagai penahan serangan lawan, ia biasanya ditempatkan dibelakang penyerang.

Meski memiliki tugas utama sebagai penyangga serangan, tapi seorang Libero bisa menggantikan posisi Middle-blocker ketika pemain berputar ke baris belakang. Meski posisinya bisa mundur ke belakang, tapi seorang libero tidak pernah bisa pindah ke depan.

Syarat utama menjadi seorang Libero adalah mengausai skill dan teknik bermain voli dengan baik. Untuk urusan tinggi badan, seorang Libero bisa memiliki tinggi badan yang biasa-biasa saja. Untuk menjadi sorang Libero yang handal seorang pemain tak perlu memiliki tinggi yang menjulang.

Mengausai teknik bermain voli dengan baik dan memiliki kelincahan dalam penguasaan bola, merupakan poin penting yang harus dikuasai oleh seorang Libero.

Libero ada dalam permainan untuk menambah kontrol bola, jadi tanggung jawab utama seorang Libero adalah mengoper bola dengan baik sehingga tim dapat menjalankan permainan dengan baik.

Di pertahanan, libero harus bisa melakukan digging dengan baik. Digging adalah sentuhan penyelamatan untuk bola spike atau pun bola yang meluncur cepat agar tidak jatuh ke permukaan arena sehingga bola tetap hidup

Libero dituntut untuk menguasai setiap bola yang ada untuk menjaga permainan tetap hidup. Karena libero tidak memiliki tanggung jawab serangan yang sebenarnya, maka dia harus mengejar setiap bola yang dia bisa.

Libero juga bertanggung jawab untuk mengejar bola agar tetap hidup jika bola dipukul terlalu jauh oleh setter atau di luar jangkauan setter.

Jika libero cedera, ia dapat digantikan oleh pemain mana pun yang tidak berada di lapangan pada saat cedera, tetapi pemain tersebut harus tetap menjadi libero selama sisa pertandingan