Bola Voli Mini, Aturan Tujuan dan Cara Bermain

Bola Voli Mini, Aturan Tujuan dan Cara Bermain

Voiball.com Mini Volleyball atau bola voli mini adalah olahraga voli yang dimainkan dan diciptakan khusus untuk anak-anak usia sekolah yang berusia 9-10 hingga 12-13 tahun.

Dilansir dari laman resmi asosiasi bola voli dunia (FIVB), olahraga bola voli mini merupakan olahraga yang diakui dan didorong oleh FIVB. Ini adalah bentuk komitmen FIVB terhadap perkembangan bibit muda olahraga voli.

Olahraga ini diciptakan untuk meningkatkan minat anak-anak usia sekolah pada kegiatan olahraga voli. Karena tak seperti olahraga sepakbola atau yang lainnya, anak-anak cenderung kurang menyukai olahraga voli karena dinilai terlalu fisik.

Selain itu, olahraga ini merupakan sebuah jawaban atas pertanyaan orang tuanya diluar sana mengenai “Bagaimana membuat Bola Voli lebih mudah diakse bagi anak-anak mereka?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, para petinggi olahraga voli dunia membuat sebuah formula olahraga voli baru, dengan mengadaptasi permainan voli namun dengan kemampuan anak-anak.

Setelah melalui berbagai percobaan, maka terciptalah olahraga bola voli mini yang memiliki aturan dan cara bermain yang sedikit berbeda dengan olahraga voli pada umumnya.

Aturan Bermain Bola Voli Mini.

Bola Voli mini dimainkan oleh anak-anak usia sekolah, karena itu aturan permainannya cukup fleksibel. Aturan permainan untuk perlombaan atau kejuaraa, biasanya ditetapkan oleh masing-masing Federasi bola Nasional seperti PBVSI.

Sedangkan untuk aturan “umum”, bisa disesuaikan menurut tingkat perkembangan bola voli di negara yang bersangkutan.

Jumlah Pemain bola voli mini

Jumlah pemain bola voli mini adalah dua hingga empat orang. Dilansir dari laman FIVB, mini volleyball dimainkan oleh anak perempuan maupun anak laki-laki dalam tim yang terdiri dari dua hingga empat pemain.

Permainan bola voli mini dimainkan di lapangan berukuran lebar 4,5 hingga 6 meter, panjang 9 hingga 12 meter dan dibagi dengan jaring setinggi 1,9 hingga 2 meter.

Tujuan permainan ini adalah untuk mengirim bola melewati net untuk menyentuh lapangan lawan sambil mencegah aksi yang sama dari pemain lawan.

Permainan dimulai dengan servis dan tim lawan memiliki tiga sentuhan untuk membalasnya. Tim pemenang reli mendapat satu poin dan hak untuk melakukan servis.

Pemain yang sama bisa melakukan servis selama timnya memenangkan reli. Pergantian server terjadi ketika tim lain memenangkan poin sehingga setiap pemain bergiliran untuk melakukan servis.

Sebuah tim dianggap memenangkan satu set ketika berhasil mencapai jumlah poin tertentu (dari 15 hingga 25). Tim akan dianggap memenangkan pertandingan jika memenangkan dua set.

Ukuran Bola Voli Mini

Berdasarkan aturan FIVB, permainan mini volleyball menggunakan bola ringan, baik berdiameter sama atau lebih besar dari bola resmi dengan mengikuti aturan sebagai berikut:

Bola: Bola terbuat dari lapisan luar dan dalam. Memiliki 18 panel kulit sintetis, berwarna cerah dan / atau kombinasi warna.

Lingkar Bola: 65-68 cm; berat: 200-220 gram.

Bola Voli di Sekolah bola: Bola yang lebih ringan dari bahan komposit (tanpa kandung kemih) dengan warna cerah.

Lingkar: 65-68 cm; berat: 180-200 gram.

 

Kelebihan Voli Mini

Tak seperti olahraga voli biasa yang membutuhkan banyak kekuatan fisik di area tangan dan lengan, olahraga ini meminimalisir hal tersebut dengan ukuran bola yang diperkecil.

Agar anak-anak tak takut bermain voli karena tangan dan lengan mereka sakit, teknik bermain bola volinya pun disederhanakan dengan fasilitas yang bisa disesuaikan.

Berikut kelebihannya:

* Dirancang untuk kelas pendidikan jasmani
* Teknik yang disederhanakan
* Dapat disesuaikan dengan fasilitas
* Fokus pada pembelajaran melalui partisipasi