Akankah Voli Indonesia Berjaya di SEA Games?

Akankah Voli Indonesia Berjaya di SEA Games – Olahraga bola voli di Indonesia, telah lama mati suri. Kendati ada banyak bakat-bakat muda di olahraga voli, prestasi tim voli Indonesia di kancah regional masih suram.

Dalam catatannya, timnas bola voli Indonesia, hanya pernah meraih medali emas sekali saja di SEA Games. Yakni pada tahun 1983 di Singapura. Setelah itu, tak ada lagi medali emas bagi tim Voli Indonesia.

Setelah mengambil medali perunggu pada tahun 1997 di kandang sendiri, Indonesia tak pernah lagi finish di posisi tiga teratas dalam tiga edisi SEA Games berikutnya (2001-2003-2005).

Voli Indonesia, kembali bergeliat setelah berhasil meraih medali perunggu di SEA Games selama empat musim berturut-turut. Yakni mulai tahun 2007 hingga 2015.

Pada perhelatan SEA Games 2017 lalu di Kuala Lumpur, timnas Voli putri Indonesia tampil mengejutkan. Mereka berhasil mengalahkan tim peraih medali emas 8 kali berturut-turut, Vietnam, di semi-final.

Baca Juga: SEA Games, Tim Voli Thailand Jadi Hantu Bagi Indonesia

Berkat kehadiran spiker ace April Manganang, Indonesia berhasil mencapai babak final dan bertemu timnas Thailand. Sayang, Indonesia masih gagal mengalahkan Thailand dan hanya pulang dengan medali perak .

Di Kejuaraan SEA Games 2019 kali ini, Indonesia akan tampil tanpa pemain andalan mereka April Manganang.

Namun, meskipun bermain tanpa April Manganang, yang mengalami cedera dan membutuhkan istirahat tiga bulan dari Juli, timnas Indonesia suskes finish sebagai runner-up di Asean Grand Prix baru-baru ini.

Dengan prestasi itu, membuktikan bahwa Indonesia, tetap menjadi salah satu tim kuat yang harus diperhitungkan di SEA Games tahun ini.

Dengan atau tanpa April Manganang di tim mereka untuk SEA Games ke-30 di Filipina, tim Voli Indonesia akan berjaya dan akan menghadapi tantangan kuat melawan semua oposisi.

SEA Games 2019 akan digelar di Filipina mulai 30 November –  11 Desember 2019, dan akan di siarkan langsung di TVRI.

Baca Juga: Pertarungan Abadi Tim Voli Indonesia dan Thailand