5 Klub Voli Surabaya yang Pernah Ikut Proliga

5 Klub Voli Surabaya yang Pernah Ikut Proliga

Voiball.com – Surabaya adalah gudangnya klub voli di Indonesian. Dari tingkat kota hingga provinsi, banyak klub voli Surabaya yang berhasil menembus kompetisi nasional Proliga.

Baca Juga: Bagaimana Nasib Surabaya Bhayangkara Samator? Kok Belum Lolos ke Final Four

Salah satu yang terbesar saat ini adalah klub voli Surabaya Bhayangkara Samator. Kiprahnya di kompetisi voli nasional sudah tak diragukan lagi.

Dengan pemain legendaris mereka Rivan Nurmulki, Samator kini menjadi raja voli tanah air. Tapi tak hanya Samator, setidaknya ada 5 Klub voli Surabaya yang Pernah Ikut Proliga.

Daftar Klub Voli Surabaya di Proliga
  •  JEMBER PEMKAB 

Klub voli Jember Pemkab adalah klub voli asal Surabaya yang mengikuti kejuaraan Proliga musim 2007/2008.

Bersaing bersama Jakarta Sananta, Jakarta BNI46, Bhayangkara Samator dan Bantul Yuso. Jember Pemkab hanya berhasil finish di posisi terakhir pada Proliga 2007/08.

 

  • JEMBER PEMKAB INDOMARET 

Setelah tampil buruk pada penampilan perdana mereka di Proliga, klub Jember Pemkab menggandeng perusahaan retail terbesar di Indonesia yakni Indomaret.

Keduanya berkolaborasi dan membentuk satu tim, jadilah klub Jember Pemkab Indomaret yang ikut serta pada kejuaraan Proliga musim 2008/09.

Tim Jember pemkab Indomaret bernasib sedikit lebih baik di Proliga. Mereka finish diposisi keempat, satu tempat diatas Jakarta BNI 46 yang Finish diposisi juru kunci.

 

  • SIDOARJO ANEKA GAS

Klub asal Sidoarjo, Jawa Timur ini sebenarnya klub regional yang sudah ada sejak lama. Namun mereka baru menjadi peserta Proliga pada kejuaraan musim 2018/19.

Bersaing dengan Surabaya Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, Bank Sumsel Babel dan Jakarta Garuda, Sidoarjo Aneka Gas finish diposisi keempat.

Satu tempat diatas tim muda Jakarta Garuda yang finish sebagai juru kunci. Salah satu pemain Sidoarjo Aneka Gas yang cukup terkenal adalah Agung Seganti.

 

  • LAMONGAN SADANG MHS 

Memiliki line-up pemain yang cukup keren, Lamongan Sadang MHS ikut serta pada kejuaraan Proliga musim 2019/20.

Sederet pemain berbakat seperti Dimas Saputra, Aji Maulana dan Mahfud Nurcahyadi mengisi line-up pemian Lamongan. Sayang kejuaraan Proliga 2019/20 dihentikan karena COVID-19.

 

  • SURABAYA BHAYANGKARA SAMATOR

Siapa yang tak kenal dengan klub satu ini. Sebagai raja voli tanah air, Samator memiliki dua pemain yang menjadi pemain terbaik di Asia.

Siapa lagi kalo bukan Rivan Nurmulki dan Rendy Tamamilang. Berkat duet keduanya, Samator meraih gelar Proliga dua kali berturut-turut di musim 2018 dan 2019.