5 Klub Voli Semarang yang Pernah Bermain di Proliga

5 Klub Voli Semarang yang Pernah Bermain di Proliga

Voiball.com – Semarang adalah salah satu kota di JawaTengah dengan banyak klub voli berprestasi. Banyak klub voli Semarang berhasil masuk ke Proliga.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Voli Indonesia di SEA Games

Namun tak hanya tim voli berprestasi, Semarang juga menjadi penyumbang atlet voli nasional, salah satunya pemain timnas voli Indonesia Doni Haryono.

Doni Haryono adalah pemain voli timnas Indonesia yang meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Most Valueable Player (MVP) di SEA Games 2019 Filipina.

Sedangkan untuk klub, setidaknya ada 5 klub voli semarang yang pernah bermain di Proliga. Diantaranya bahkan pernah menjadi runner-up Proliga. Siapa saja mereka, simak ulasan-nya berikut ini:

  • Semarang Bank Janteng

Semarang Bank Jateng adalah tim voli asal Semarang tersukses di Proliga. Bersama Aji Maulana, Semarang Bank Jateng sukses menjadi runner-up pada kejuaraan Proliga musim 2011/2012.

  • Semarang Berlian

Semarang Berlian adalah tim voli yang berada dibawah pengawasan Universitas Semarang (USM). Klub universitas ini, sempat mengikuti Proliga di musim 2003/2004.

  • Semarang Pemkot

Jika Semarang Berlian dibawah pengawasan Universitas Semarang, klub voli Semarang Pemkot berada dibawah pengawasan Pemkot Semarang. Klub ini pernah mengikuti Proliga musim 2006/2007.

  • Solo Bank Jateng

Meski tak berasal dari Semarang, tapi klub voli Solo Bank Jateng sama – sama berasal dari provinsi Jawa Tengah. Klub ini mengikuti Proliga musim 2013/2014 dengan pemain andalan mereka Yan Bastian Basoko Bayu.

  • Sukun Badak

Sukun Badak adalah klub voli asal Kudus, Jawa Tengah. Dibawah naungan perusahaan rokok Sukun, klub voli Sukun Badak akan mengikuti kejuaraan Proliga musim 2021.

Sebenarnya ada lebih banyak lagi tim voli dari Semarang dan Jawa Tengah yang berhasil menembus kompetisi nasional. Namun sebagian besar hanya sampe di Kejuaraan kasta kedua seperti Livoli.

Sebut saja Berlian Bank Jateng yang telah berkali-kali menjuarai kejuaraan bola voli amatir tingkat nasional Livoli, serta klub – klub tingkat kabupaten dan karesidenan lainnya.

Baca Juga: Meriah! DIY-Jateng Gelar Kejuaraan Voli SKVC Cup 2020