4 Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Wajib Baca!

4 Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Wajib Baca!

Voiball.com – Olahraga bola voli memiliki beberapa variasi, salah satunya voli pantai. Meski keduanya cukup terkenal, tapi banyak orang masih bingung mengenai perbedaan voli pantai dan voli biasa.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Voli: Teknik Blocking Bola Voli

Selain tempat untuk memainkan bola voli, sebenarnya ada beberapa perbedaan voli pantai dan voli biasa yang wajib kalian ketahui, berikut ulasannya:

# 1: Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan untuk voli dalam ruangan dan pantai sangat berbeda.

Lapangan voli berukuran 18m x 9m, dengan garis serang paralel yang berjarak 3m dari garis tengah. Pemain baris belakang harus tetap di belakang garis ini saat memukul bola.

Lapangan pantai lebih kecil – 16m x 8m dan tidak ada garis serang. Seorang pemain bisa memukul bola dari manapun di sisi jaringnya.

#2: Bola

Bola dalam voli indoor terbuat dari kulit dan lebih berat dari bola voli pantai.

Bola voli pantai lebih lembut, lebih ringan dan sedikit lebih besar dari bola dalam ruangan. Bobot yang lebih ringan memungkinkan bola mengapung lebih banyak di udara.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Voli: Teknik Passing Bawah

# 3: Jumlah Pemain

Voli indoor dimainkan oleh enam orang per tim. Setiap orang memiliki posisi khusus seperti setter, spiker dan Libero. Juga ada rotasi pemain setiap satu set.

Sedangkan voli pantai biasanya dimainkan hanya oleh dua orang. Tidak ada posisi khusus, hanya kiri dan kanan. Sebagian besar pemain voli pantai memiliki skill serba bisa karena mereka dapat memukul, menservis dan memblokir.

#4: Perhitungan Skor

Pada voli indoor sebuah pertandingan terdiri dari lima set, atau permainan. Tim pertama yang meraih 25 poin memenangkan set tersebut.

Dalam bola voli pantai, pertandingan dimainkan dalam tiga set dengan setiap permainan dimainkan dalam 21 poin.

Bagaimana, sudah jelas mengenai perbedaan voli pantai dan voli biasa. Jika sudah saatnya kamu membaca artikel berikutnya.

Baca Juga: Voli Pantai: Sejarah, Tujuan dan Cara Bermain